Pematangsiantar, Sinata.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) mencatat sebanyak 2.383.630 pelanggan telah menggunakan layanan kereta api sepanjang Januari hingga November 2025.
Angka di atas tumbuh 8 persen dibanding periode yang sama tahun 2024, mencapai 2.202.214 penumpang.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As’ad Habibuddin, menyampaikan peningkatan jumlah penumpang ini tidak terlepas dari penambahan frekuensi perjalanan, optimalisasi kapasitas tempat duduk, serta program promo tarif yang secara berkala dihadirkan untuk masyarakat.
“Pertumbuhan ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Kini masyarakat semakin sadar bahwa kereta api merupakan moda transportasi publik yang efisien, aman, dan ramah lingkungan,” ujarnya, Senin (8/12/2025).
Dia mengapresiasi kepada seluruh pelanggan atas loyalitas dan kepercayaannya. KAI akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan yang prima, keselamatan yang tinggi dan kenyamanan perjalanan yang maksimal.
Dari sisi okupansi (pengguna), Kereta Api Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP menjadi layanan dengan jumlah penumpang tertinggi, yakni 1.172.638 orang.
Disusul oleh KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 679.172 penumpang.
Sementara, KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP sebanyak 450.869 penumpang, serta KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 80.951 penumpang.
Lanjutnya mengenai ketepatan waktu, KAI Divre I Sumut mencatatkan kinerja terbilang bagus. Tingkat ketepatan keberangkatan kereta penumpang mencapai 99,8 persen. Adapun ketepatan waktu kedatangan mencapai angka 99,4 persen.
Dia mengungkapkan, capaian tersebut merupakan hasil dari peningkatan mutu operasional secara menyeluruh, termasuk dalam perawatan sarana dan prasarana.
Ia menyatakan ketepatan waktu menjadi salah satu keunggulan utama transportasi kereta api yang terbebas dari kemacetan lalu lintas.
Penulis: Hendrik Nainggolan