Pematangsiantar, Sinata.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pematangsiantar, memberikan layanan kepada masyarakat melalui program Mobile Customer Service (MCS). Program ini merupakan bentuk pelayanan yang cepat, dekat, dan merata.
Bidang Komunikasi dan Sekretariat BPJS Kesehatan Pematangsiantar, Arif, menjelaskan MCS merupakan salah satu bentuk pelayanan langsung untuk pendaftaran baru, perubahan data (identitas, alamat, faskes), pendaftaran akun Mobile JKN, informasi hingga penanganan pengaduan.
“Itu sebagai komitmen memberikan pelayanan cepat, dekat dan merata bagi seluruh masyarakat. Untuk MCS di Pematangsiantar mencakup wilayah Simalungun, Toba, dan Samosir juga,” ucapnya, Senin (17/11/2025).
Menurut Arif, program MCS bukanlah hal baru. Program ini telah berjalan secara rutin sejak tahun 2019.
“Sudah ada sejak 2019 dan masih berjalan sampai sekarang. Itu sebagai program jemput bola dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.
Lokasi layanan MCS ini tidak menetap, untuk menjangkau wilayah kerja kantor cabang BPJS Kesehatan Pematangsiantar.
“Lokasi mobil MCS nya berpindah-pindah, tapi masih sekitaran daerah Pematangsiantar, Simalungun, Samosir, dan Toba,” tuturnya.
Dalam sehari, mobil MCS mampu melayani dua lokasi berbeda. Arif mengungkapkan tidak ada lokasi khusus untuk pelayanan ini.
“Buka dari jam 9 sampai dengan jam 1, lalu pindah ke lokasi selanjutnya sampai dengan jam 3, sesuai dengan jam operasional biasa. Cenderung pindah-pindah, di mana paling memungkinkan untuk pengunjung yang ramai,” kata Arif.
Berdasarkan pantauan, Sinata.id, unit MCS sedang melayani warga di sekitar Jalan Sibolga, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, tepatnya di depan SMP Negeri 12.
“Untuk jam 9 sampai dengan jam istirahat nanti, lokasinya di depan SMP N 12. Nanti sambung lagi setelah istirahat di sekitar Klinik Ainon, Jalan Medan,” tuturnya.
Penulis: Hendri Nainggolan